Program Percepatan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Pemda POLINELA

 

Sukma_Polinela; Program percepatan pencapaian kompetensi mahasiswa Politeknik Negeri Lampung (Polinela) diikuti oleh 25 mahasiswa penerima beasiswa Pemerintah Daerah (Pemda) dari 5 program studi yaitu : Produksi Tanaman Pangan, Produksi Tanaman Perkebunan, Teknologi Pangan, Produksi Ternak, dan Agribisnis serta di dampingi beberapa dosen pembimbing dari Polinela.

Pada tanggal 4-11 November 2017 bertempat di Solo, Jawa Tengah. Mahasiswa dan dosen pembimbing berkunjung ke Agrowisata  Amanah untuk  belajar tentang berwirausaha di bidang perikanan, pertanian, pengolahan makanan, dan pengolahan limbah. Agrowisata  Amanah adalah sebuah resto yang memiliki limbah berupa sisa makanan, limbah tersebut tidak dibuang tetapi dilakukan pengolahan. Mahasiswa diajarkan mengolah limbah sisa makanan, budidaya ikan, dan budidaya tanaman pangan. Selain berkunjung ke Agrowisata Amanah Solo, mahasiswa  juga berkunjung ke Agrowisata Sabilafarm. Mahasiswa diajarkan bagaimana cara budidaya jamur, pembuatan jamu godok, dan berternak yang baik.

Program ini merupakan program tahunan dari Pemda. Jika tahun lalu diadakan di luar negeri yaitu Malaysia dan Singapura maka saat ini dilaksanakan di dalam negeri. Acara ini dilakukan untuk menambah pengetahuan tentang berwirausaha dan belajar berwirausaha dalam bidang pertanian, pengolahan makanan, perikanan, dan peternakan selain di Polinela, serta dapat membuka lapangan pekerjaan.

Harapan diadakannya acara ini agar mahasiswa dapat membagi ilmu yang telah diperoleh disana kepada mahasiswa Polinela yang tidak mengikuti acara tersebut. Mahasiswa harus memenuhi beberapa kriteria untuk mengikuti acara ini, diantaranya nilai akademik yang baik, keaktifan berorganisasi, dan keaktifan disetiap acara Pemda. ”Dengan diadakannya acara ini saya banyak belajar, bukan hanya belajar dalam bidang pertanian, kami juga diajarkan banyak hal yang sebelumnya saya tidak tahu. Setelah acara ini saya tahu bagaimana budidaya ikan, jamur, pengolahan makanan, pengolahan limbah, dan peternakan. Selain itu, ini juga menambah ilmu saya dalam berwirausaha dengan baik”, ujar Lulu mahasiswa beasiswa Pemda.(*Evi)