Perdana LDKM HMJ EKBIS 2017

Sukma_Polinela;  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi dan Bisnis (Ekbis) mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) untuk mahasiswa baru Jurusan Ekbis. Acara ini bertempat di Gedung QB 2 Politeknik Negeri Lampung (Polinela), 28-29 Oktober 2017. Dengan tema “Membentuk Karakter Kepemimpinan yang Memiliki Daya Saing Sebagai Agen Perubahan”.  Acara ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan pola pikir mahasiswa dengan berpikir global, menghasilkan calon pemimpin bangsa yang cerdas, realistis, berani, profesional, dan berintegritas memegang teguh kedaulatan bangsa.

Acara LDKM ini adalah acara LDKM pertama yang diselenggarakan oleh HMJ Ekbis. Acara dibuka oleh sambutan Ketua Pelaksana Farras Nabila Prodi Akuntansi semester 3, Gubernur HMJ Ekbis M.Ichwan Benawang Prodi Akuntansi semester 5, dan Pembina HMJ Ekbis Muhammad Zaini yang sekaligus membuka acara LDKM HMJ Ekbis.

Peserta LDKM HMJ Ekbis merupakan mahasiswa baru Jurusan Ekbis baik anggota aktif HMJ Ekbis maupun pasif. Kegiatan ini dihadiri 30 peserta yang kurang dari target panitia pelaksana yaitu sebanyak 50 peserta. Setiap prodi yang ada di Jurusan Ekbis diwajibkan mengirimkan minimal 5 orang sebagai perwakilan. Peserta dikenakan biaya Rp. 30.000,- untuk keperluan selama dua hari pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini terdapat serangkaian acara yang dikemas dengan apik oleh panitia pelaksana. Peserta LDKM ini diajarkan tata cara melakukan sidang yang dipimpin oleh anggota Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) yang berasal dari jurusan Ekbis. Selain itu juga terdapat kegiatan debat, peserta diminta untuk menyampaikan pendapat mengenai suatu mosi. Kegiatan debat ini bertujuan untuk membuka pemikiran para peserta bahwa masih banyak orang diluar yang memiliki cara pandang yang berbeda dengan kita dan tidak hanya bisa berpendapat tetapi juga memberikan solusi. Dalam kegiatan ini dilakukan penilaian oleh Gubernur HMJ Ekbis, Ketua Pelaksana, dan Ketua Departemen Sosial dan Politik. Pemenang dari kegiatan debat adalah Erika Oktaviani Prodi D3 Akuntansi semester 1, Destry Faradila Nur’avisa Prodi D4 Akuntansi Perpajakan semester 1, dan Sania Puspita S. Prodi D3 Agribisnis.

“Jujur jumlah peserta tidak mencapai target, tetapi jika dilihat dari antusiasme 30 peserta yang hadir ini jujur diluar ekspetasi saya, mereka luar biasa. Tidak ada yang mengeluh, semua antusias terutama saat simulasi sidang.” Papar Farras Nabila.

 

Walaupun kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini terdapat kegiatan menginap, namun tidak ada sama sekali acara perpeloncoan. Karena panitia pelaksana ingin menciptakan karakter pemimpin pelurus bangsa, bukan penerus bangsa. Selama berlangsungnya acara tidak terdapat banyak kendala yang berarti, hanya kurangnya panitia karena saat pelaksanaan acara banyak panitia yang berhalangan hadir karena sakit. “Harapannya semoga apa yang telah diberikan oleh pemateri dan panitia dapat berguna bagi mereka kelak dan terus terjalinnya komunikasi. Untuk HMJ Ekbis semoga semua program kerja (progja) kita diakhir periode 2017 dapat terlaksana dengan baik dan acara LDKM seperti ini ada lagi di tahun-tahun berikutnya.” Harap Farras Nabila.(*Rentika/Aisyah)