70 Tim ikuti Lomba Lintas Alam Poltapala 2017

 

 

Sukma_Polinela; Politeknik Pecinta Alam Lampung (Poltapala) gelar lomba Lintas Alam Poltapala Se-Sumbagsel untuk ang ke tujuh kalinya. 

Lomba ini diikuti oleh 70 tim yang dengan beranggotakan 3 orang untuk masing-masing tim. Peserta perlombaan dari berbagai komunitas dan kalangan, baik itu Siswa SMA, Organisasi Pecinta Alam, Mahasiswa Pecinta Alam, dan organisasi lain dari dalam hingga luar Lampung. Perlombaan ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, KNPI, Walhi Lampung, Mitra Bentala, Akasaka, Coretan 13, dan Bank Lampung. 

Lomba diselenggarakan selama 2 hari tepatnya pada tanggal 26-27 Agustus 2017, dengan rangkaian yang telah disusun oleh panitia seperti pembukaan dan pelepasan peserta hingga garis finish pada tanggal 26 Agustus 2017. Penanaman bibit mangrove juga dilakukan sebagai kepedulian peseta lomba dalam upaya pelestarian hutan mangrove di pantai Ketapang.

Lomba yang mengusung tema ‘Tingkatkan Kapasitas Diri Dengan Olahraga Alam Bebas’ ini diselenggarakan di Desa Hanura Pesawaran. Lomba lintas alam tersebut memiliki rute perjalanan lebih kurang 16 Km, dimulai dari lapangan Krida Yuana Hanura para peserta lomba dilepas langsung oleh Direktur Polinela Ir. Joko S.S Hartono, M.T.A serta Panitia yang terlibat. Rute lomba lintas alam Poltapala ini berakhir di Pantai Ketapang Pesawaran, dari lomba lintas alam ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk berpartisipasi aktif dalam mengenal lebih dekat rute perjalanan alam bebas, serta kepedulian peserta dalam upaya pelestarian mangrove di pantai Ketapang. “Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan kita, bertujuan untuk membangun jiwa sportifitas, mempererat tali persaudaraan, memupuk kepedulian generasi muda pada upaya pelestarian lingkungan, menanamkan rasa kecintaan terhadap alam, serta mengangkat potensi-potensi pariwisata di kabupaten Pesawaran pada khususnya,” jelas Zulkifli selaku ketua pelaksana.

Dalam penilaian kriteria lomba lintas alam, peserta lomba dinilai dalam ketepatan waktu, perlengkapan peserta, kekompakan, quisioner , etika dan sikap, serta administrasi masing-masing tim peserta.

Adapun pemenang dalam lomba yang diselenggarakan oleh Poltapala Kategori Putra Juara I, II dan III; untuk Kategori Putri juara I, II dan III; serta kategori terfavorite juara I, II; Teramah Lingkungan juara I, II; dan yangterakhir Kategori tim terkompak juara I, dan II.

Berdasarkan hasil penilaian 5 tim juri lomba lintas alam Poltapala ke-7 Se-Sumbagsel ini, didapat juara kategori Putra, juara I SMA Muhammadiyah Metro, juara II PASDA SMK 2 Terbanggi, juara III SISPALA SADAKA. Dalam kategori Putri, juara I diraih oleh SMKN 1 Terusan Nunyai, juara II SMK 1 Gedong Tataan, dan juara III H2O. Untuk kategori terfavorite juara I Mapala Unila, dan juara II RANGER. Kategori teramah lingkungan juara I SMA 1 Padang Cermin, dan juara II HIMPALA BAHTERA BUANA. Sedangkan untuk kategori terkompak ditetapkan oleh juara I Elmuhsin Adventure Team (EAT) dan juara II AUTOPALA.

“Alhamdulillah ini pertama kali mengikuti dan menang, rasanya senang bisa membanggakan sekolah, bisa mengangkat nama baik sekolah ,” ujar Meliana, Pemenang Juara 1 Lomba Lintas Alam Poltapala kategori putri. Peserta asal SMK 1 Terusan Nunyai ini berpendapat bahwa lomba lintas alam ini bagus untuk meningkatkan kebersamaan, karena kita dapat memperoleh teman baru dan pengalaman yang bisa dijadikan inspirasi kedepannya. Ia juga menambahkan tidak adanya kendala yang berarti selama pendakian berlangsung. Karena telah melakukan persiapan yang memakan waktu kurang labih satu minggu dengan latihan kecil seperti jogging dan pemanasan. Ia juga berharap untuk kedepannya dilomba lintas alam selanjutnya dapat lebih ditingkatkan lagi prosedur- prosedur kerjanya agar lebih baik lagi. (*Aisyah)