Putra Putri Maritim

Sukma_Polinela; Mahasiswi Program Studi Budidaya Perikanan Polinela, ikuti ajang pemilihan Putera dan Puteri Maritim yang diselenggarakan oleh Yayasan Putera Puteri Maritim  Indonesia. Refi Enggalia mewakili daerah Sumatera Selatan pada ajang ini. Diikuti oleh lebih dari 79 peserta yang berasal dari 24 provinsi diantaranya D.I Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Yogyakarta, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Lampung, Bali, DKI Jakarta,Banten,Gorontalo, Maluku, dan Papua Barat.

 

Ajang pemilihan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta generasimuda, yang diharapkan dapat melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia dalam mengembalikan kejayaan maritim  Indonesia. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi Yayasan Putera Puteri Maritim Indonesia menyelenggarakan pemilihan Putera Puteri Maritim bertemakan “Dengan Berwawasan Budaya Indonesia”. Acara yang diketuai oleh Ibu Anna Tedjo Edhi serta dibantu oleh panitia putera puteri maritim 2016 dan TNI AL ini,  dihadiri Hamish Daud yang menjadi salah satu pemateri dalam rangkaian acara.

Pendaftaran putera puteri maritim tersebut dilaksanakan pada 17 Agustus – 31 Oktober dilanjutkan dengan proses seleksi administrasi pada 01-05 November. Untuk seleksi wawancara online dilakukan pada 06-09 November dan penetapan calon pemenang perwakilan daerah/provinsi pada 10 November 2017.Pemenang perwakilan daerah/provinsi mengikuti pembekalan atau karantina di Jakarta mulai 20-29 November 2017, kemudian dilanjutkan dengan malam grand final di Jakarta pada 30 november 2017. Pemberian piala bergilir akan diadakan di acara “Sail Sabang 2017” di Pulau Weh, Aceh, pada 2 Desember 2017. Kegiatan penyerahan piala dilakukan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Ajang Putera Puteri Maritim ini memperebutkan hadiah utama yakni mahkota dan piala bergilir.Seluruh finalis juga akan memperebutkan hadiah total ratusan juta  rupiah untuk pemenang kategori yang terdiri dari Putera Puteri Maritim Indonesia Favorit, Putera Puteri Maritim  Indonesia Wisata Maritim, dan Putera Puteri Maritim Indonesia Lingkungan.

Gelar Putera Puteri Maritim Indonesia Lingkungan berhasil diraih  Irawan Sidik (Jawa Barat) dan Shonia Ayuafiftiya R (Jawa Tengah).  Gelar  Putera Puteri Maritim Favorit berhasil diraih Muhammad Yoffi Shihab (Aceh) dan Mahjati Zatil Ilmi. Sedangkan gelar Putera Puteri Maritim Indonesia Pariwisata diraih oleh Deppa Ringgi (Sulawesi Barat) dan Yurisa Elda Emas (Jawa Timur).Untuk pemenang Putera Puteri Maritim Indonesia RU 2 diraih oleh Hervin A.R.N (Sumatera Selatan) dan Cherissa Wahyu P (Jawa Timur) dan untuk pemenang Putera Puteri Maritim Indonesia RU 1 diraih oleh Erfirdaus Gultom dan Candraning Coestp (Banten).

Perwakilan Polinela mampu bertahan dan masuk 10 besar. Namun sayang, peringkat tersebut tidak bisa menjadi jaminan untuk melanjutkan ketahap selanjutnya.Harapan untuk kedepannya “Semoga Indonesia menjadi poros maritim dunia yang sangat baik dan melestarikannya” ujar Refi sebagai peserta Putera Puteri Maritim 2017.(*Aditya)