Poltapala Raih Juara Lintas Alam Taman Nasional Ujung Kulon

Sukma_Polinela; Unit Kegiatan Mahasiswa Politeknik Pecinta Alam Lampung (UKM Poltapala) berhasil meraih juara III dalam lomba lintas alam yang diselenggarakan di Taman Nasional Ujung Kulon, Cilintang, Jawa Barat. Perlombaan berlangsung pada tanggal 22-23 September 2017 bertepatan dengan hari Badak Sedunia, dengantema “Jelajah rumah si Badak”.Perlombaan tersebut diikuti oleh 17 tim yang mana setiap tim terdiri dari lima orang anggota. UKM Poltapala sendiri mengirimkan lima anggota yaitu Zulkifli, M Fajar Laduni, Jaya Iswanto, Eki Reynaldi, dan Afrizal Firdaus sebagai peserta yang ikut partisipasi.

Ruteyang ditempuh para peserta lomba lintas alam ini sejauh kurang lebih 15 km, dimulai dari Cilintang sampai finis di Karangranjang. “Poltapala mendapat urutan start ke-3dan mencapai finish diurutan ke-2 dengan menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam perjalana. Mulai jalan dari pukul 07.20 WIB, dan mencapai finish pukul 11.00 WIB,” ujar Zulkifli salah seorang peserta yang mewakili UKM Poltapala.

Juri dari perlombaan ini berasal dari Badan SAR Nasional(BASARNAS) Taman Nasional Ujung Kulon, serta dari Kelompok Pecinta Alam (KPA). “Kriteria yang dinilai dalam perlombaan tersebut meliputi pengetahuan tentang badak Ujung Kulon, pengetahuan tentang dasar pecinta alam, pengetahuan tentangSearch and Rescue(SAR), serta kecepatan waktu dalam mencapai finish,” tambah Zulkifli.

Harapan besar dari Zulkifli kepada seluruh anggota UKM Poltapala untuk tetap mempertahakan eksistensinya di lintas alam, untuk tetap terus belajar, dan dia juga meminta untuk tidak mudah puas dengan juara yang telah diraih selama ini.

Selain itu Poltapala, Albertus Sudirman selaku Pembina UKM Poltapala juga memberikan apresiasi atas prestasi yang diperoleh UKM binaanya tersebut. Beliau juga berharap kepada Poltapala untuk selalu bermitra dengan klub-klub pecinta alam lainnya. "Selamat kepada anggota maju terus pantang mundur, jaga kekompakan, saling menghargai, saling menghormati, dan terus banyak berlatih baik di dalam kampus maupun di luar kampus,” ujarnya.(*Aisyah)