Training Center Guna Tingkatkan Webometric Polinela

Training Center yang diadakan di Gedung Sidang Politeknik Negeri Lampung (Polinela) ini diselenggarakan oleh BEM-KBM Polinela. Dalam pelatihan yang bertema "Optimalisasi Kemediaan Ormawa Guna Meningkatkan Webometric Polinela" tersebut terdapat beberapa materi mengenai Pengantar Web, Kepenulisan Web, Desain Grafis, dan Fotografi Jurnalistik. Pelatihan ini juga sekaligus pembuatan website masing-masing ormawa dan komunitas oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Komunikasi (Puskom). Diharapkan hal ini dapat membantu pengoptimalan situs website resmi Polinela di situs perangkingan Webometric.

Perdana LDKM HMJ EKBIS 2017

Sukma_Polinela;  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi dan Bisnis (Ekbis) mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) untuk mahasiswa baru Jurusan Ekbis. Acara ini bertempat di Gedung QB 2 Politeknik Negeri Lampung (Polinela), 28-29 Oktober 2017. Dengan tema “Membentuk Karakter Kepemimpinan yang Memiliki Daya Saing Sebagai Agen Perubahan”.  Acara ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan pola pikir mahasiswa dengan berpikir global, menghasilkan calon pemimpin bangsa yang cerdas, realistis, berani, profesional, dan berintegritas memegang teguh kedaulatan bangsa.

Acara LDKM ini adalah acara LDKM pertama yang diselenggarakan oleh HMJ Ekbis. Acara dibuka oleh sambutan Ketua Pelaksana Farras Nabila Prodi Akuntansi semester 3, Gubernur HMJ Ekbis M.Ichwan Benawang Prodi Akuntansi semester 5, dan Pembina HMJ Ekbis Muhammad Zaini yang sekaligus membuka acara LDKM HMJ Ekbis.

Peserta LDKM HMJ Ekbis merupakan mahasiswa baru Jurusan Ekbis baik anggota aktif HMJ Ekbis maupun pasif. Kegiatan ini dihadiri 30 peserta yang kurang dari target panitia pelaksana yaitu sebanyak 50 peserta. Setiap prodi yang ada di Jurusan Ekbis diwajibkan mengirimkan minimal 5 orang sebagai perwakilan. Peserta dikenakan biaya Rp. 30.000,- untuk keperluan selama dua hari pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini terdapat serangkaian acara yang dikemas dengan apik oleh panitia pelaksana. Peserta LDKM ini diajarkan tata cara melakukan sidang yang dipimpin oleh anggota Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) yang berasal dari jurusan Ekbis. Selain itu juga terdapat kegiatan debat, peserta diminta untuk menyampaikan pendapat mengenai suatu mosi. Kegiatan debat ini bertujuan untuk membuka pemikiran para peserta bahwa masih banyak orang diluar yang memiliki cara pandang yang berbeda dengan kita dan tidak hanya bisa berpendapat tetapi juga memberikan solusi. Dalam kegiatan ini dilakukan penilaian oleh Gubernur HMJ Ekbis, Ketua Pelaksana, dan Ketua Departemen Sosial dan Politik. Pemenang dari kegiatan debat adalah Erika Oktaviani Prodi D3 Akuntansi semester 1, Destry Faradila Nur’avisa Prodi D4 Akuntansi Perpajakan semester 1, dan Sania Puspita S. Prodi D3 Agribisnis.

“Jujur jumlah peserta tidak mencapai target, tetapi jika dilihat dari antusiasme 30 peserta yang hadir ini jujur diluar ekspetasi saya, mereka luar biasa. Tidak ada yang mengeluh, semua antusias terutama saat simulasi sidang.” Papar Farras Nabila.

 

Walaupun kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini terdapat kegiatan menginap, namun tidak ada sama sekali acara perpeloncoan. Karena panitia pelaksana ingin menciptakan karakter pemimpin pelurus bangsa, bukan penerus bangsa. Selama berlangsungnya acara tidak terdapat banyak kendala yang berarti, hanya kurangnya panitia karena saat pelaksanaan acara banyak panitia yang berhalangan hadir karena sakit. “Harapannya semoga apa yang telah diberikan oleh pemateri dan panitia dapat berguna bagi mereka kelak dan terus terjalinnya komunikasi. Untuk HMJ Ekbis semoga semua program kerja (progja) kita diakhir periode 2017 dapat terlaksana dengan baik dan acara LDKM seperti ini ada lagi di tahun-tahun berikutnya.” Harap Farras Nabila.(*Rentika/Aisyah)

70 Tim ikuti Lomba Lintas Alam Poltapala 2017

 

 

Sukma_Polinela; Politeknik Pecinta Alam Lampung (Poltapala) gelar lomba Lintas Alam Poltapala Se-Sumbagsel untuk ang ke tujuh kalinya. 

Read more...

Mahasiswi Polinela Ikuti Kemah Putri se-Indonesia

Sukma_Polinela;  Mahasiswi Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengikuti acara kemah Putri se-Indonesia dilaksanakan pada 16 November 2017, bertempat di Pantai Manggar Balikpapan, Kalimantan Timur. Provinsi Lampung mengirim 5 umpi (regu) dalam 1 umpi terdiri dari 8 orang kemudian 2 Pimpinan Konda (Pinkom), 1 Pembina Pendamping (Bindamping) dan 1 bagian Kesehatan. Dalam 1 umpi (regu) tersebut dari Kwartir Cabang (Kwarcab) yang berbeda. “Dari grup saya sendiri ada yang dari Kwarcab Metro, Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah, dan Bandar Lampung,” ujar Cornelia Dwi Setianingrum salah satu peserta Kemah Putri tersebut. Untuk mengikuti acara ini  ada proses penyeleksian dan  ada yang langsung ditugaskan.

Cornelia Dwi Setianingrum prodi Akuntansi merupakan mahasisiwi yang mewakili Polinela, ia sendiri merupakan perwakilan dari Kwarcab Bandar Lampung yang ditunjuk tanpa seleksi, bukan hanya perguruan tinggi saja yang mengikuti acara tersebut melainkan dari lingkup SMA/SMK Sederajat. kemah ini sudah cukup lama dinanti-nantikan para anggota Pramuka Putri. Karena, acara ini hanya dilakukan 5 tahun sekali, untuk acara Kemah Putri tahun ini diadakan selama 6 hari di Pantai Manggar Balikpapan, Kalimantan Timur “Hari kamis, 16 November 2017 pelepasan di Kwartir Daerah (Kwarda), kemudian hari Jumat baru berangkat ke Bandara Radin Intan II terus sampai Balikpapan malam”. Ujar Cornelia Dwi Setianingrum. Acara tersebut lebih banyak bersosialisasi dan saling saling bertemu dengan keluarga baru dari berbagai macam Provinsi yang berbeda.

 

Polinela baru pertama kali mengikuti acara Kemah Putri se-Mahasiswi Polinela Ikuti Kemah Putri se-Indonesia Indonesia tersebut. Cornelia sangat senang dan bangga menjadi perwakilan dari Polinela dan Kwarcab Bandar Lampung. “Ya masih nggak nyangka aja bisa sampe sini. Kesannya itu luar biasa bertemu dengan keluarga baru dan orang tua baru. Jadi, jangan lewatkan semua kesempatan yang pernah anda dapatkan,” Ungkap Cornelia Dwi Setianingrum salah satu peserta kemah putri tersebut.(*Evi)