POLINELA ikuti EXPO Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia di Pontianak

Sukma_Polinela EXPO Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) 2017, merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Simbelmawa Kemenristekdikti sebagai forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerjasama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di seluruh Indonesia. EXPO KMI 2017 ini diselenggarakan di Politeknik Negeri Pontianak pada 22-25 November 2017. Acara yang bertemakan "Keberagaman Indonesia Sebagai Kekuatan Wirausaha Mahasiswa Dalam Ekonomi Global Power And Harmony In Diversity" dibuka secara resmi oleh Staf ahli Kemenristekdikti Bidang infrastruktur.

Read more...

Menilik Dibalik Terhentinya Pembangunan Masjid

Sukma_Polinela; Sempat terasakan angin segar bagi masyarakat Politeknik Negeri Lampung (Polinela) bahwa akan dibangun salah satu tempat pengembangan rohani yaitu masjid baru. Masjid baru ini membutuhkan dana kurang lebih 8 milyar, meliputi pembangunan pondasi, lantai dasar, dinding hingga tahap akhir. Namun, pembangunan masjid baru terhenti saat pembangunan pondasi selesai.

Read more...

Mahasiswa Perikanan Ikut Serta dalam ENJ 2017

 

Sukma_Polinela; Mahasiswaprogram study D3 Budidaya perikanan mengikuti kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017. Ekspedisi Nusantara Jaya ini dilaksanakan di tiga provinsi yang berbeda yakni Papua Barat, DKI Jakarta, dan Lampung. ENJ merupakan program Kemenko Maritim yang diadakan pada setiap tahunnya. Bentuk kegiatan tersebut berupa pengabdian kepada masyarakat yang tinggal diwilayah terpencil, yang kurang bantuan atau campur tangan pemerintah. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Polinela khususnya dalam program studi Budidaya Perikanan ikut mewakili Provinsi Lampung.

Anugrah Muhammad Dharmawan (semester 3A) ikut dalam ENJ Papua Barat, Bimantara Jauhari (semester 3A), Aldi Gita Pratama (semester 3A), Mahmud (semester 3B) untuk ENJ DKI Jakarta, dan Lukman Hadi (semester 3.A) serta M. Alfasina semester (3.B) ENJ Provinsi Lampung. ENJ Papua Barat dilaksanakan di Kabupaten Raja Ampat, pulau Waise, kegiatan tersebut terlaksana pada tanggal 30 Agustus 2017 – 12 september 2017. Dalam ekspedisi ini terpilih 100 peserta dari hasil seleksi yang kemudian di bagi menjadi 3 kelompok, yang mana masing-masing kelompok beranggotakan 33-34 peserta. Peserta ENJ papua barat ini dari berbagai wilayah di indonesia seperti, Aceh, Sulawesi, Malang, Serang , Solo ,Jakarta, Bandung , Lampung, dan beberapa provinsi lainnya.

“Sebelum Keberangkatan persiapan yang dilakukan kita mencari donatur, mengumpulkan pakaian yang masih layak pakai serta bukubuku bekas,” ujar Anugrah Muhammad Dharmawan peserta ENJ Papua Barat.

Kegitan yang dilakukan para peserta diantaranya bakti lingkungan, transplantasi terumbu karang, penanaman mangrove, dan clean up pantai. Selain itu, dari bidang kesehatan dilakukan penyuluhan tentang sikat gigi, pendikan kegitan mengajar, rumah baca, dan pohon impian, serta yang terakhir penyerahan sumbangan yang telah dikumpulkan sebelumnya kepada masyarakat.

Kegitan yang paling berkesan saat ENJ Papua Barat adalah yaitu penanaman mangrove bersama sisiwa-siswi SD 04 Kabupaten Raja Ampat, yang dimana setia anak menanam 1 pohon mangrove dan pohon tersebut diberi nama sesuai dengan anak yang menanamnya, Setiap anak diamanahkan untuk menjaga dan merawat setiap pohon mangrove yang mereka tanam sendiri.

Dalam ENJ DKI Jakarta dilaksanakan di pulau Pari pada tanggal 28 Agustus–04 September 2017. ENJ DKI Jakarta dibagi 3 kelompok. Kegiatan ENJ DKI Jakarta dibagi dalam berapa divisi yakni pemberdayaan, pendidikan dan lingkungan. Dalam divisi pendidikan dilakukan kegiatan seperti pembuatan pohon impian, edukasi tentang kesehatan, pembaerdayaan keramba pembuat pupuk organik, tanaman hidoponik, penanaman mangrove, serta bersih pantai. Sedangkan untuk ENJ Lampung sendiri bertempat di pulau Pisang pada tanggal 30 September 2017 – 9 Oktober 2017. Untuk pesertanya dari beberapa wilayah seperti Cimahi, Yogjakarta, Palembang, Lampung, Bengkulu dan Bandung. Persiapan sebelum keberangkatan pun tak berbeda jauh dengan ENJ Papua Barat seperti pengumpulan donasi, persiapan perlengkapan buku-buku yang didapat dari Sriwijaya, perpustakaan Indonesia, sumbangan masyarakat, serta pakaian bekas layak pakai.(*Aisyah)

Pelatihan Kewirausahaan bagi Mahasiswa Pemda

 

 

 

 

Sukma_Polinela;  Pengurus mahasiswa Pemerintah Daerah (Pemda) mengadakan seminar yang bertajuk pelatihan kewirausahaan. Bertempatdi Gedung  Sakura Politeknik Negeri Lampung (Polinela), kegiatan tersebut berlangsung pada hari Minggu, 29 Oktober 2017. Acara ini bertemakan “Berani Berwirausaha Itu Hebat”,  bertujuan untuk berbagi ilmu cara memasarkan produk yang terbaik dan juga memasarkan nya hingga luas sampai ke pasar supermarket. Pemateri dalam acara ini adalah Marlock seorang wirausahawan dari Jakarta serta para dosen Polinela. Acara ini langsung dibuka oleh Direktur Polinela Dr.Ir. Sarono,M.Si. Acara ini sudah menjadi agenda rutin para mahasiswa Pemda yang tanpa dipungut biaya, hingga saat ini mahasiswa Pemda wajib mengikuti acara seminar ini tanpa terkecuali. Acara ini sangat memotivasi untuk membentuk karakter para maha

siswa yang berjiwa kewirausahaan dan penting bagi perkembangan kewirausahaan yang sedang dibutuhkan untuk memasarkan produk yang luas serta berkualitas. Dalam acara seminar ini tidak ada kendala yang berarti, semua mahasiswa penerima beasiswa Pemda mengikuti acara tersebut dengan hikmat walupun acara tersebut berlangsung pada pukul 07.00 s/d 15.00 WIB.  “Dengan terlaksananya acara ini diharapkan kita mahasiswa Pemda dapat belajar cara – cara berwirausaha dalam bidang pertanian,” ujar Reviana peserta seminar(*Rissya)