UKM Pers SUKMA Pimpin Aliansi Pers Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia

 

Musyawarah Nasional (Munas) APMPI Ke-X digelar pada tanggal 27 April-30 April 2017 di Wisma Graha Yadika, Bandung. Aliansi Pers Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia atau APMPI merupakan suatu wadah untuk organisasi pers mahasiswa tingkat nasional. 

 

Munas APMPI ini dilaksanakan satu tahun sekali, acara tersebut dihadiri oleh 11 Politeknik dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya adalah UKM WPS dari Politeknik Sriwijaya, UKM Pers Neraca dari Politeknik Negeri Medan, UKM Gema Suara Bandung dari piksi ganesa, UKM Gema dari Politeknik Negeri Jakarta, LPM Ketik dari Politeknik Media Kreasi Jakarta, LPM C.Plasma dari Politeknik Madiun, UKM Jurnalis Politala dari Politeknik Negeri Tanah Laut, UKM Komic dari Politeknik Balikpapan, LPM Ping Magazine dari Politeknik Bandung, dan LPM Fomatik dari Poltekkes Malang.

 

Dalam acara tersebut, terdapat beberapa kegiatan diantaranya, Musyawarah Nasional, Pelatihan Nasional, dan Re-Organisasi Kepengurursan. Musyawarah nasional ini berguna untuk merundingkan AD (Anggaran Dasar)/ART (Anggaran Rumah Tangga) dan Progja kedepannya. “Dalam Pelatihan Nasional itu kita diberi materi, dan penempaan bagaimana caranya menjadi Pers Mahasiswa yang baik dan benar, dan dalam kegiatan tersebut sekaligus kami melakukan Re-Organisasi dimana tahun kepengurusan sebelumnya melakukan Laporan Pertanggung Jawaban nya kepada Dewan Demisioner maupun Dewan Kehormatan.” Ujar Aldi Feri Ramadan selaku anggota APMPI. APMPI berdiri pada tahun 2007 didirikan oleh Septa Riyadi salah satu anggota UKM Pers SUKMA kala itu. Fungsi dari organisasi tersebut yaitu sebagai motor, dinamisator, stabilisator, monitor dan medaitor dalam dinamika pers mahasiswa Politeknik se-Indonesia. Organisasi yang bergerak dibidang pers ini, juga sebagai penyalur dalam menyampaikan berita kepada masyarakat dan publik seputaran kampus-kampus yang tergabung. Aliansi-aliansi yang bekerja sama dengan APMPI adalah Badan Koordinasi Mahasiswa (Bakorma) yaitu perkumpulan Wadir-Wadir 3 Politeknik se-Indonesia dan Forum Kerja Mahasiswa Politeknik Se- Indonesia (FKMPI). Adapun Tugas dari APMPI yaitu menjalankan program kerja yang telah dibuat, diantaranya :

 

1. Menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik.

2. Sosialisasi APMPI

a. Perekrutan anggota Politeknik yang belum menjadi anggota APMPI.

b. Membantu memberikan solusi atau pemecahan masalah atas kendalakendala dan mengayomi masing-masing pers yang ada di Politeknik seluruh Indonesia.

c. Mengaktifkan dan mendayagunakan sosial media dan media online sebagai

sarana komunikasi dan publikasi.

d. Mengajak dan mengarahkan Politeknik yang belum mempunyai pers mahasiswa untuk membentuk organisasi pers mahasiswa.

e. Membuka jaringan dan menjalin kerjasama dengan aliansi, forum pers

mahasiswa atau sejenisnya yang berada di Indonesia.

3. Membuat, menerbitkan, dan mendistribusikan warta APMPI.

4. Menyelenggarakan adesti karya APMPI.

5. Menyelenggarakan Musyawarah Nasional Ke - XI di Politeknik Media Kreatif

Jakarta.

Selain itu, terdapat struktur APMPI yang terdiri dari Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi, Pimpinan dan Wakil Pimpinan Wilayah beserta Koordinator Daerah, Bendahara Umum, Sekertaris Umum, Koordinator Layout, Koordinator Editor, Koordinator Fotografer, Koordinator Onliner, Litbang dan Advokasi. Karya dari organisasi tersebut berupa warta APMPI.

 

Dalam sistem kerja APMPI dalam forum nasional, yaitu Pimpinan Umum melakukan organizing dan controlling kinerja seluruh pengurus untuk mencapai keberhasilan dalam menjalankan program kerja dan mengatasi masalah-masalah yang ada didalam APMPI. Dalam hal ini APMPI menggunakan media sosial untuk melakukan rapat mengenai hal-hal yang akan diselesaikan dalam bidang redaksi, keanggotaan maupun keuangan organisasi.

 

“Kita menggunakan gadget pada 2 minggu sekali dan melaksanakan chatnas untuk membahas perkembangan dan progja dari APMPI,” ungkap Riza Azmi

Adilla selaku Pempimpin Umum APMPI. Diharapkan APMI untuk lebih meningkatkan eksistensinya agar semua masyarakat tahu bahwa Pers Mahasiswa itu ada. Selain itu, APMPI sendiri bisa menjadi wadah untuk Mahasiswa sebagai pelindung dan juga sebagai media mencari informasi tentang tingkat nasional.

“APMPI semakin berkembang dan dikenal sebagai Pers Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia, menjadi wadah komunikasi dan informasi untuk mahasiswa Politeknik Se-Indonesia, serta anggota yang tergabung dalam APMPI lebih banyak lagi,” tutur Angger Dwi Yonaldi salah seorang anggota APMPI.(*Aisyah)


Kabar Polinela

Melampaui Batas Imajinasi