Polinela Kirimkan Tim ke Ajang PIMNAS 2017

Sukma_Polinela; Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-XXX telah dilaksanakan pada tanggal 23-28 Agustus 2017, di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar.

 

PIMNAS merupakan sebuah ajang kompetisi karya kreatif mahasiswa Diploma dan S1 tingkat nasional yang diadakan oleh Direktorat Jenderal  Pendidikan Tinggi (DIKTI). Pagelaran PIMNAS ini terdiri dari 420 tim, terdiri dari 1.845 Mahasiswa yang berasal dari 89 Perguruan Tinggi. Hanya ada 2 Perguruan Tinggi yang lolos ke PIMNAS untuk mewakili Provinsi Lampung, yaitu Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dan Universitas Lampung(Unila). Sebelum megikuti PIMNAS, terdapat tahapan-tahapan yang harus mereka lalui. Tahapan awal yakni dengan mengupload Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Setelah lulus seleksi proposal, kemudian mengikuti Monitoring dan  Evaluasi (MONEV) di Universitas Lampung. Dalam kegiatan MONEV tersebut diadakan penilaian dari reviewer internal maupun eksternal, setelah MONEV tersebut baru diseleksi dan berhasil masuk di PIMNAS 2017. Politeknik Negeri Lampung pada tahun ini mengirimkan tim untuk mengikuti ajang ini. Satu tim yang berhasil sampai PIMNAS berasal dari Program Studi Hortikultura. Dalam PIMNAS tahun ini terdapat beberapa bidang kegiatan yaitu PKM-Penelitian yang terbagi lagi menjadi bidang ek sakta (PKM-PE) dan sosial humaniora (PKM-PSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Dalam sistem perlombaannya dibagi dalam berbagai kelas sesuai dengan bidang masing-masing.

“Pada PIMNAS kali ini kami bersaing pada bidang PKM-Kewirausahaan. PKM-K yang diusung oleh tim kami berjudul, Usaha Sayuran Organik dengan Sistem Hidroponik Irigasi Tetes,” ujar Novia Dwi Fajarwati selaku ketua dari tim yang mewakili Polinela. Pihak Polinelapun sangat mengapresiasi kerja keras para mahasiswa berprestasi ini, dengan mereka mengikuti kegiatan secara nasional dapat meningkatkan popularitas kampus Polinela. “Selamat membawa nama baik Polinela, ini merupakan contoh mahasiswa yang tidak memikirkan egoismenya. Salah satunya dengan seperti itu, karena kita menjujung tinggi karyakaryaintektual baik dosen maupun mahasiswa,” jelas Ir. Joko S.S. Hartono, M.P. selaku Direktur Polinela.

Menjelang diselenggrakannya PIMNAS, mahasiswa perwakilan Polinela telah mempersiapkan diri, mulai dari persiapan fisik, peralatan dan bahan-bahan, dan selanjutnya mereka mempersiapkan mental untuk bersaing di ajang bergengsi tersebut. Jumlah mahasiswa yang berangkat menuju Kota Makasar berjumlah 3 orang. Mahasiswa berprestasi ini di bimbing oleh Ir. Marveldani, M.P., beliau turut mendampingi mahasiswa-mahasiswa tersebut selama berada di Makasar. Walaupun tidak berhasil mempersembahakan hadiah untuk kampus Polinela, namun tim Polinela berharap untuk kedepannya agar diadakannya pelatihan guna menambah wawasan dan mental pada tim yang akan mengikuti lomba selanjutnya. (*Aisyah)


Kabar Polinela

Melampaui Batas Imajinasi