Kegiatan Ramadhan di Kampus POLINELA

 

 

Sukma_Polinela; Dalam rangka bulan suci ramadhan, UKM Al-Banna mengadakan serangkaian kegiatan guna menyambut bulan yang penuh berkah ini. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain iftor jama’i, hadist arbain, launching BMQ untuk Mahasiswa Pemda, sahur on the road, jalazah, Mabit (Malam Bina Iman & Takwa), dan juga buka bersama para anak Yatim.

Sebelumnya, UKM Al-Banna mengadakan acara tarhib ramadhan, yang mana dalam acara tersebut berisi kajian-kajian tentang bulan ramadhan. Dalam acara tersebut panitia mengundang Ustad Edison yang memaparkan materi terkait bagaimana cara kita dalam menyambut bulan suci ramadhan. Tarhib ramadhan ini juga merupakan salah satu program kerja dari Departemen Syiar UKM Al-Banna sendiri. Selain itu, UKM Al-Banna juga melakukan pawai yang dimulai dari depan Gedung Serba Guna Polinela sampai dengan gedung Akademik, pawai tersebut berisi orasi-orasi yang juga diikuti oleh para ketua ormawa.

Dalam semua rangkaian kegiatan yang ada, kegiatan yang dilakukan sampai menjelang akhir bulan ramadhan adalah Iftor Jama’i yaitu buka puasa bersama di masjid Al-Bana. Kegiatan tersebut terbuka untuk umum baik untuk mahasiswa, dosen, karyawan, dan warga di lingkungan Polinela. Sebelum mengadakan kegiatan ini pihak panitia telah memberikan pengumuman bagi dosen, karyawan ataupun warga sekitar kampus untuk dapat menyumbangkan bantuan dalam kegiatan buka puasa bersama di masjid Al-Bana ini.  Selain itu, masyarakat luar kampus yang ingin bersedekah juga diperkenankan untuk memberikan ke panitia pelaksana.

Kegiatan lainnya adalah pembacaan hadist arbain yang rutin dilakukan 10 menit menjelang waktu sholat dzuhur dan juga setelah sholat ashar. Pembacaan hadist itu sendiri dilakukan oleh mahasiswa yang berasal dari UKM Al-Banna. Adapula kegiatan yang dikhususkan untuk kaum akhwat (wanita) yaitu Jalasah. Dimana para mahasiswi dapat duduk santai sambil mendengarkan kajian-kajian islam yang disampaikan, kegiatan ini sebenarnya diwajibkan bagi para kader UKM Al-Banna dan mahasiswa baru Pemda, namun tak menutup peluang juga bagi mahasiswi diluar UKM Al-Banna untuk mengikuti jalasah ini. Selain jalasah, mahasiswa Pemda juga diwajibkan untuk mengikuti kegiatan mabit yang mana merupakan salah satu program kerja dari Biro BMQ UKM Al-Banna.

UKM Al-Banna juga berbagi rezeki melalui buka puasa bersama anak yatim, lalu dilanjutkan dengan mengadakan sahur on the road. Untuk pelaksanaannya sendiri dimulai dari anggota yang berkumpul di masjid Al-Bana saat dini hari, selanjutnya  mereka akan berkeliling membagikan hidangan sahur bagi para masyarakat yang berada di jalanan. 

Dengan beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh UKM Al-Banna ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa maupun pihak yang terkait. Selain itu, antusiasme para mahasiswa yang ikut berpartisipasi pun juga cukup membantu dalam kelancaran kegiatan-kegiatan tersebut. Kegiatan yang diadakan ini merupakan hasil evaluasi dari tahun ke tahun, yang mana kegiatan tersebut belum pernah diadakan dan berhasil dilaksanakan pada tahun ini.

 “Alhamdulillah sudah kegiatan terwujud iftor jama’i dan ada juga beberapa kultumnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat sekali, karena menambah pengetahuan khususnya untuk mahasiswa muslim,”  tutur Aman Natur salah seorang panitia kegiatan.(*Aisyah) 

 


Kabar Polinela

Melampaui Batas Imajinasi